Filsafat dan Teori Pendidikan
Hubungan fungsional antara
filsafat dan teori pendidikan tersebut, secara lebih rinci dapat diuraikan
sebgai berikut:
1) Filsafat,dalam
arti analisa filsafat adalah merupakan salah satu cara pendekatan yang
digunakan oleh para ahli pendidikan dalam memecahkan problematika pendidikan
dan menyusun teori-teori pendidikannya, disamping menggunakan metoda-metoda
ilmiyh lainnya.
2) Fisafat, juga
berfungsi memberikan arah agar teori pendidikan yang telah berkembang oleh para
ahlinya, yang berdasarkan dan menurut pandangan dan aliran filsafat tertentu,
mempunyai relefansi dengan kehidupan nyata. Artinya mengarahkan agar
teori-teori dengan pandangan filsafat pendidikan yang telah dikembangkan
tersebut bisa diterapkan dalam praktek kependidikan sesuai dengan kenyataan dan
kebutuhan hidup yang juga berkembang dalam masyarakat.
3) Filsafat, termasuk
juga filsafat pendidikan, juga mempunyai fungsi untuk memberikan petunjuk dan
arah dalam pengembangan teori-teori pendidikan menjadi ilmu pendidikan atau
pedagogik.
Disamping hubungan fungsional
tersebut, antara filsafat dan teori pendidikan, juga terdapat hubungan yang
bersifat suplementer, sebagaimana dikemukakan oleh Ali Saefullah dalam bukunya
antara Filsafat dan pendidikan, sebagai berikut:
a. Kegiatan
merumuskan dasar-dasar, dan tujuan-tujuan pendidikan, konsep tentang sifat
hakikat manusia, serta konsepsi hakikat dan segi-segi pendidikan serta ini
moral pendidikannya.
b. Kegiatan
merumuskan sistem atau teori pendidikan yang meliputi pelitik pendidikan, kepemimpinan
pendidikan atau organisasi pendidikan, metodologi pendidikan dan pengajaran,
termasuk pola-pola akultrasi dan peran pendidikan dalam pembangunan masyarakat
dan negara.
Definisi diatas merangkum dua
cabang ilmu pendidikan, yaitu: filsafat pendidikan dan sistem atau
teori pendidikan dan hubungan antara keduanya adalahbehwa yang satu suplemen
terhadap yang lain dan keduanya diperlakukan oleh setiap guru sebagai pendidik
dan bukan hanya sebagai pengajar bidang studi tertentu.
Daftar Pustaka :
Prasetya. 1997. FILSAFAT PENDIDIKAN. Bandung : CV. PUSTAKA SETIA
Post a Comment
Post a Comment